Wednesday 15 February 2012

Pasar Mayestik Segera Rampung

 
  Djangga Lubis, kedua dari kanan dalam acara selamatan PD Pasar Jaya


Pedagang mengatakan, harga kios yang ditawarkan PT Metroland Permai selaku pengembang, sangat mahal.
Pembangunan gedung Pasar Mayestik hampir rampung. Direktur Utama PD Pasar Jaya Djangga Lubis mengatakan, pekerjaan pembangunan tinggal menyelesaikan lantai paling atas. Djangga Lubis berharap pembangunan selesai tepat waktu.
Pembangunan Pasar Mayestik mengawinkan cara perdagangan tradisional di lokasi bangunan modern.
“Pasar tradisional dengan konsep modern seperti di Pasar Mayestik tentu sangat bagus,” kata Djangga.
Konsep yang menarik perhatian tersebut, sayangnya harus direcoki dengan keluhan para pedagang. Mereka mengatakan, harga kios yang ditawarkan PT Metroland Permai selaku pengembang, sangat mahal.
Pedagang juga mengeluhkan uang muka yang semula bisa dicicil selama setahun, kini harus dilunasi dalam waktu sembilan bulan.
Salah seorang pedagang mengatakan, semula telah disepakati sebesar 20 persen dari total uang muka dapat dicicil selama 12 bulan. Namun mendadak, pengembang memberitahu para pedagang harus melunasi uang muka dalam waktu sembilan bulan.
“Cicilannya Rp6,450 juta,” kata pedagang di penampungan sementara.
Selama berjualan di tempat penampungan, omset menurun drastis. Akibatnya para pedagang merasa berat membayar cicilan kios.
Sejumlah pedagang menyebut, penurunan terjadi hingga 70 persen dibanding sebelum mereka membuka lapak di penampungan sementara.
Direktur Utama PD Pasar Jaya Djangga Lubis berharap, para pedagang dapat segera direlokasi ke gedung baru Pasar Mayestik yang modern. Di gedung ini nantinya akan terdapat 1.618 kios, 267 los, dan 298 konter.
Halaman parkir di pasar itu dapat menampung hingga seribu kendaraan tiap hari. 


Winda Widyawaty

No comments:

Post a Comment