Friday 17 February 2012

Liputan Khusus

Garansi Habis, Montir Laptop Bertindak


NAMANYA juga barang elektronik pasti ada umur pakainya. Begitu juga dengan laptop, mau merek paling top sekalipun suatu ketika pasti ngadat. Apalagi jika penggunaannya kelewat batas—misalnya untuk main game—tanpa dilengkapi aksesoris kipas pendingin. Karuan saja laptop dan notebook akan overheat kemudian shutdown.  


Menurut Haryono (40) pemilik toko Grotech Notebook, kerusakan pada laptop biasanya terjadi pada motherboard, memori atau prosessor. Hal ini dibenarkan Putra (21), teknisi dari Indo Notebook yang menyatakan, kerusakan pada laptop dan notebook paling banyak terjadi pada hardware. 

 

Selain itu, banyak pengunjung datang dengan keluhan laptopnya tidak muncul gambar di layar monitor kendati lampu lednya menyala. Begitu juga dicoba dengan eksternal monitor atau bongkar pasang baterai gambar tetap tidak muncul. "Biasanya penyebab mati total seperti itu kalau tidak motherboard, memori atau prosessornya yang rusak. Kualitas laptop dan notebook begitu rata-rata, terkadang kita malah enggak ketemu penyebab kerusakan laptop," tutur Putra.

Menurut pria otodidak ini, pengunjung yang datang ke Harco Mangga Dua, Jakarta Utara ini, berasal dari berbagai daerah, Bekasi, Cilegon dan sekitarnya. Putra mengaku ada juga yang datang jauh-jauh dari Medan. Padahal di Bekasi dan Medan sendiri ada lokasi serupa dengan Harco Mangga Dua, tetapi tetap saja ada yang datang ke tempat "praktek"-nya. Sebut saja Doni (19), mahasiswa ini sedang memperbaiki laptop miliknya. 

Menurut Doni dia puas dengan pelayanan Indo Notebook. "Hasilnya sangat memuaskan sehingga saya percaya dengan kualitas servis di sini,” ujar Doni dengan tersenyum. 
Selain Indo Notebook, di Grotech Notebook juga banyak memiliki pelanggan yang puas dengan hasil kerjanya. Anton (41) karyawan swasta mengaku sudah lama berlangganan reparasi PC atau laptop milik kantornya di Grotech. "Kalo saya mulai langganan reparasi di sini sejak tahun 2006. Mulanya ganti baterai laptop, terus ada lagi ganti processor laptop. Kadang juga petugas di sini yang kita panggil ke kantor," tuturnya.

Anton mengaku puas pelayanan yang diberikan, dan menurutnya ongkos reparasi laptop atau yang lainnya di Harco Mangga Dua ini lebih murah dibandingkan dengan tempat reparasi elektronik lainnya.
Apalagi hampir semua jasa reparasi komputer di sana memberikan service garansi selama satu bulan usai reparasi. Garansi hanya berlaku untuk reparasi kerusakan yang sudah dikerjakan, jika ada kerusakan pada bagian lain garansi tersebut tidak berlaku.

Toko Indo Notebook yang terletak di Blok B Lt. Dasar sangat ramai dikunjungi pelanggannya pada hari-hari libur seperti Sabtu dan Minggu. "Terkadang sampai tidak kepegang (terlayani)," ujar Putra. 
Sedangkan Haryono mengaku, tidak begitu mementingkan hari. "Kalo di sini, hari biasa juga ramai," ucapnya.
 
Menurutnya, semua jenis laptop dan notebook memiliki kualitas yang sama. "Dari segi ketahanan, laptop itu sendiri disesuaikan dengan penggunaannya. Umumnya jika laptop digunakan lebih dari 8 jam per hari itu akan mempengaruhi ketahanan laptop," jelas Haryono yang sudah 10 tahun menekuni usaha ini. 
Untuk ongkos reparasi umumnya dipatok pada kisaran Rp 500 ribuan, itu jika terjadi kerusakan pada motherboard. Kalau sampai ganti motherboard, ongkosnua cukup mahal bisa Rp 1,5 sampai Rp 2 jutaan. Jika LCD pecah ongkos reparasi berkisar Rp 1 jutaan. "Makanya jangan buat maen games. Karena secanggih apapun laptop kalau buat maen games cepet jebol. Kalo mau maen games lebih baik dengan pakai PC," begitu Haryono menyarankan.

Sementara itu, Putra yang kerap menerima orderan dari toko lain mengaku, untuk menyiasati ongkos reparsi agar lebih murah, dia kerap melakukan kanibalisasi. Artinya, dia mencomot onderdil yang masih berfungsi dari laptop apkiran untuk memperbaiki komputer atau laptop yang rusak. Untuk itu pun dia berani menjamin garansi perbaikan selama sebulan untuk kerusakan yang sama. 

Nurhayati, foto: Zakir



Pusat Elektronik Harco Mangga Dua
 
Tahun Baru Menenteng Laptop Baru

 

TAK hanya seragam sekolah berikut dengan perlengkapannya, penjualan komputer jinjing atau laptop juga mulai ramai digelar usai libur sekolah. Berbagai merek laptop ditawarkan dengan harga promo terlihat di berbagai sudut pusat perbelanjaan Harco Mangga Dua, Jakarta Utara. Maklum, laptop sudah menjadi kebutuhan kalangan mahasiswa termasuk pelajar sejak beberapa tahun belakangan ini.

Apapun merek laptop atau notebook yang beredar di pasaran tersedia di sana. Setiap toko di Harco Mangga Dua menawarkan banyak pilihan untuk setiap merek laptop dan notebook dengan harga sangat bervariasi dari yang paling murah sampai yang paling mahal sesuai dari ukuran, motif, warna dan spesifikasi kemampuan laptop. Tinggal pilih mau merek Toshiba, HP, Apple, Dell hingga Sony. Kalau mau yang agak murah tersedia merek Acer, Compaq, Axioo, dan Lenovo. 

Dalam satu tipe laptop dari tiap merk saja mempunyai banyak pilihan warna atau motif yang ada, seperti warna hitam, putih, merah, biru, pink, silver, coklat, hijau, kuning dan lain-lainnya. Selain itu dari tiap produk laptop mempunyai keunggulan dan kekurangan tersendiri. Semua itu dapat dilihat dari spesifikasi laptop tersebut, seperti Prosessor, RAM, Harddisk, VGA, OS dan penunjang kemampuan laptop lainnya seperti webcame, wifi, dan lain-lainnya. 


Semakin tinggi kualitas dan kecanggihan komponen pada laptop semakin mahal harga yang ditawarkan. Pembeli bisa memilih laptop sesuai dengan kebutuhannya dan kocek yang tersedia.


Di toko Mahkota Jaya Komputer, misalnya, yang berlokasi di lantai 2 Blok A2 tersedia berbagai jenis laptop dan aksesorisnya secara lengkap dengan harga yang bervariasi. Banyaknya jenis laptop yang dijual terkadang membuat para pembeli bingung memilihnya.


Makanya, Daniel (45) pemilik toko Mahkota Jaya Komputer memberi kemudahan bagi pembeli yang datang ke tokonya. Dia membagikan list harga dan spesifikasi model laptop terkini dari berbagai merek.


Hal tersebut merupakan salah satu cara dia melayani pembeli, selain si pembeli juga bisa bertanya langsung kepada karyawannya. Jika belum mengerti soal kualitas dan harga laptop yang tidak tertera pada list harga, semua karyawan yang bertugas siap melayani dengan sigap sehingga pembeli merasa nyaman dan puas. 


Ditanya soal merek laptop yang paling laris, Daniel menjawab, semua merek terjual laris manis menjelang usai libur sekolah kali ini. "Tahun baru laptop juga baru dong," celotehnya tersenyum. 

Menurutnya, momentum liburan dan masuk sekolah, acap mendongkrak permintaan komputer jinjing ini. "Yang jelas ada kenaikan 50-70 persen dari penjualan di hari biasa," terangnya.


Mulfi (25) salah seorang pembeli mengakui bahwa Harco Mangga Dua adalah salah satu pusat perbelanjaan komputer yang lengkap dan murah dibanding tempat lain. "Di sini merupakan tempat yang tepat untuk membeli komputer dan laptop serta aksesorisnya. "Saya sudah cek, harganya lebih murah. Asal pinter-pinter nawar," cetusnya. 

Wildanu Firdaus




Agar Laptop Awet Dipakai



BARANG-BARANG elektronik memang sangat rentan dengan kerusakan. Bagi para pelajar, mahasiswa atau bahkan wartawan hal ini sangat merepotkan. Makanya, sebelum kerusakan itu terjadi, berikut beberapa tips perawatan agar laptop tetap terjaga kehandalannya:

Gunakan tatakan khusus berkipas agar laptop tidak cepat panas.
Lima jam sekali istirahatkan laptop selama satu jam, agar usia laptop lebih lama.
Isi baterai hingga penuh, kurang lebih 2–3 jam. Bila sudah penuh lepas baterainya.
Pemakaian di atas tiga jam sebaiknya gunakan adaptor dan copot baterai laptop. Tetapi hati–hati, selalu save data, karena bila listrik padam otomatis laptop pun akan mati.
 
Gunakan silikon keyboard agar terhindar dari tumpahan air dan debu.
Bila ada debu yang menempel pada sela–sela keyboard, bersihkan dengan kuas kecil.
Seminggu sekali atau bahkan setiap hari bagi pekerja lapangan, bersihkan LCD dengan cairan khusus untuk laptop dengan kain dari bahan katun agar tidak meninggalkan goresan pada LCD.

 
Update selalu anti virus agar software tidak mudah dirusak virus.
Jangan terlalu sering mentransfer data dari flashdisk orang lain, karena biasanya akan mudah terkena virus.
Gunakan mouse atau USB agar touchscreen laptop lebih awet.
 
Inilah sebagian tips yang bisa digunakan agar laptop Anda awet dipakainya. 

Winda Widyawaty



No comments:

Post a Comment