Wednesday 15 February 2012

Daun Sirsak Sebagai Obat Kanker


Manfaat Daun Sirsak terkuah  setelah ditemukan kandungan Annonaceous Acetogenius yang merupakan senyawa anti Tumor dan Kanker yang potensial tanpa merusak sel yang sehat. Mekanisme acetogenis yang bermanfaat untuk menghambat dan mengurangi asupan energy pada sel Kanker.
Manfaat dari daun sirsak yang dapat membantu mengobati beberapa penyakit penting seperti kanker. Bukan hanya buah sirsaknya yang enak dimakan, daunnya pun dapat dijadikan pengobatan alternatif untuk penyakit kanker.
penelitian mengenai manfaat dari daun sirsak, antara lain :
·         Secara efektif dapat membunuh sel – sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda, seperti kanker Usus Besar, kanker payudara, kanker paru – paru dan sebagainya.
·         Kekuatan daya kerja daun sirsak 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan terapi kemoterapi yang biasa di gunakan
Sedangkan buah sirsak itu sendiri berasal dari daratan Amerika Tengah dan bagian Amerika Selatan. Nama latin dari buah sirsak adalah Annona Muricata. Kandungan dari buah sirsak adalah kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah kandungan zat karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi ( glukosa dan fruktosa ) dengan kadar 81,9 – 93,6 persen dari kandungan gula total. Buah sirsak sangat sedikit mengandung lemak yakni sekitar 0,3g / 100g, sehingga sangat baik untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak berasal dari asam organik non volatil, terutama asam malat, asam sitrat dan asam isositrat.
Buah sirsak banyak mengandung vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gr daging buah. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah sirsak adalah merupakan antioksida yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh dan dapat memperlambat proses penuaan dini ( awet muda ).
Kandungan mineral yang paling banyak pada buah sirsak adalah fosfor dan kalsium, masing – masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan masa tulang, sehingga baik di gunakan untuk membentuk tulang yang kuat serta berguna sebagai menghambat terjadinya Osteoporosis.
Studi di purdue University membuktikan bahwa daun sirsak mampu mengobati sel kanker secara efektif. Dan hasil riset dari beberapa universitas itu membuktikan bahwa daun sirsak dan buahnya ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah sebagai pelindung dari sistim kekebalan tubuh dan dapat mencegah dari infeksi yang mematikan dan manfaat yang paling terkenal adalah sebagai obat penyakit kanker.
Berikut ini adalah resep – resep pengobatan tradisional dari daun dirsak
·         Pengobatan Kanker
 Dengan merebus 10 buah daun sirsak yang sudah tua (warna hijau tua) ke dalam 3 gelas air dan direbus terus hingga menguap dan air tinggal 1 gelas saja. Air yang tinggal 1 gelas dimimumkan ke penderita setiap hari 2 kali. Efek dari ramuan tersebut akan terasa hangat/panas, lalu badan berkeringat deras.
·         Saikt Pinggang
Rebus 20 lembar daun sirsak rebus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas dan di minum 1 kali sehari ¾ gelas.
·         Bisul
Daun sirsak yang masih muda secukupnya, tempelkan di tempat yang terkena bisul
·         Eksim dan Rematik
Tumbuk daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian yang sakit
Obat herbal yang berasal dari daun sirsak ini bukanlah obat instan, pasien memerlukan waktu 3 sampai 4 minggu dengan meminumnya secara rutin untuk dapat merasakan manfaat penyembuhannya.

Novita Sundarini


No comments:

Post a Comment