Rabu, 15 Februari 2012

Apotik Rakyat Pasar Pramuka, Terkenal Sejak Dulu



Apotik rakyat merupakan sebutan nama toko obat di Pasar Pramuka, Jakarta Timur. Dengan adanya musim hujan menyebabkan banyak dari warga masyarakat yang mengeluh sakit. Bukan hanya masyarakat, pedagang pasar pun tak luput dari penyakit di musim penghujan ini. Apotik rakyat tidak seperti apotik pada umumnya, karena apotik ini berada di dalam pasar.
Banyaknya apotik yang berkembang pada saat ini, tidak begitu mempengaruhi keberadaan Apotik Rakyat di Pasar Pramuka saat ini. Karena pembeli obat yang datang di Apotik Rakyat ini berasal dari berbagai daerah. Perkembangan penyakit pada saat musim penghujan menjadi sangat mudah dirasakan oleh masyarakat dan pedagang, bagaimana tidak pedagang rumahan seperti Lasmi (37), mengaku sering kehujanan ketika berbelanja di pasar untuk memenuhi kebutuhan warungnya. Masyarakat pada umumnya juga merasakan dampak yang ditimbulkan dari musim hujan.
Dalam memenuhi kebutuhan obat, masyarakat bisa mengandalkan Pasar Pramuka sebagai salah satu tempat alternatif mencari obat murah dengan jaminan keasliannya. Pada umumya tidak semua obat dapat diperjualbelikan secara bebas. Ada beberapa golongan obat, dari yang umum sampai yang harus membutuhkan resep dari dokter.
Mulai dari yang umum, bisa kita lihat warna hijau bulat yang tertera di kemasan obat. Obat ini bisa dibeli seluruh masyarakat karena obat yang bertanda hijau merupakan jenis obat dengan kategori bebas. Ada juga obat yang tidak bisa di perjualbelikan secara bebas, misalnya seperti obat yang berlabel merah dan biru. Obat ini merupakan obat yang tergolong tidak bebas diperjualbelikan karena jenis obat ini biasanya dapat dikonsumsi hanya dengan menggunakan resep dari dokter.
Erwin (47) mengaku tidak menjual secara bebas obat yang berlebel merah dan biru tetapi dia menyediakan ketiga jenis obat yang berlebel hijau, merah dan biru. Biasanya untuk pembelian obat berlebel merah dan biru, Erwin mengharuskan kepada pelanggannya untuk menggunakan resep dokter. “Biasanya pembeli yang datang ke tokonya ada pedagang obat ada juga pengguna langsung, tetapi lebih cendrung pengguna langsung yang membeli disini,” tuturnya.  

Lain halnya dengan Bagindo Najir (60), pedagang yang sudah berjualan selama 40 tahun ini mengaku menjual obatnya secara bebas. Walaupun obat yang dibeli berlebel merah dan biru, Bagindo Najir tetap melayani, karena Bagindo tidak menjual obat secara eceran.
Indra (40) merupakan salah satu pedagang obat yang lebih cendrung memiliki pelanggan yang berasal dari apotik dan klinik, jadi untuk obat yang berlabel merah dan biru tidak begitu dipermasalahkan penjualannya karena memang pelanggannya merupakan karyawan apotik, walaupun ada pembeli pengguna langsung obat yang membeli obat berlebel merah dan biru, Indra biasanya mengharuskan pembeli untuk menggunakan resep.
Sebut saja Nina, Ia salah satu pelanggan obat Pasar Pramuka, salah satu keluarganya ada yang sakit yang mengharuskan dia untuk selalu membeli obat. “Tidak ada masalah selama membeli obat disini,” ungkapnya dengan senyuman.
Pasokan pedagang obat atau yang biasa disebut Apotik Rakyat di Pasar Pramuka ini, memenuhi kebutuhan obatnya berasal dari Pedagang Besar Farmasi (PBF), terkadang jika terdapat obat palsu yang beredar mereka mendapatkan informasi dari PBF dan informasi dari BPOM itu sendiri. Dari PD Pasar pun setiap bulannya selalu menghimbau kepada pedagang untuk tidak menjual obat palsu.
Ali selaku pedagang lain menjamin tidak ada obat palsu yang dijual disini, kalau terdapat obat palsu Ali mempersilahkan pembelinya untuk datang lagi, Ali mengaku memang selama berdagang terdapat suka duka, sukanya kalau mendapatkan obat dengan harga yang murah dan dukanya dicurigai menjual obat palsu, Ali mengaku jika ia menjual obat palsu usahanya tidak bisa bertahan sampai 33 tahun.
Biasa masa ketahanan obat itu bertahan selama dua tahun, antisipasi ketika masa itu akan segera habis 2 bulan sebelum expayer pedagang mengembalikan ke pemasok, hal tersebut juga dapat dijadikan antisipasi peredaran obat kadaluarsa di Pasar Pramuka tersebut. Jadi bagi anda yang membutuhkan berbagai jenis obat baik dari umum sampai resep dokter datanglah ke Pasar Pramuka Jakarta Timur.

Beberapa Jenis Obat dan Fungsinya
1. Amoxilin : Antibiotik
2. Zoralin : Penyakit Jamur dan alergi pada kulit
3. Parasetamol : Meredakan panas
4. Aspirin : Meredakan pusing
5. Antalgin : Sakit kepala
6. Etabion : Vitamin penambah darah untuk wanita hamil
7. Ranisidin : Magh dan lambung
8. Decolsin : Flu dan batuk


Tips Membeli Obat Asli
1.         Biasanya obat yang palsu serupa dengan obat asli, bisa dibilang hampir tidak ada perbedaannya, untuk mengetahui perbedaannya dapat dilihat dari khasiat obat itu sendiri.
2.         Usahakan selalu membeli obat di tempat-tempat yang resmi, tidak sembarang memilih tempat saat membeli obat.
3. Minta jaminan keaslian obat dari pedagang serta meminta faktur dari toko tempat kita  membeli obat. 


Nurhayati

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar